Tinggal di Ketinggian Sebabkan Umur Lebih Pendek

LONDON–Albert Enstein pernah mengatakan individu yang bertempat tinggal jauh dari Bumi akan mengalami waktu lebih cepat. Bila dianalogikan, individu yang bertempat tinggal di pencakar langit cenderung berumur pendek ketimbang individu yang bertempat tinggal di sebuah bungalow. Kini, perkataan Einstein bisa diukur dengan akurasi yang menganggumkan.

Sebelumnya, tim riset asal Institut Nasional Teknologi COlorado melakukan pemindahan salah satu jam ke lokasi yang lebih tinggi. Pemindahan itu menyebabkan kecepatan detik jam berlari lebih cepat meski sepersekian detik. Tim riset kemudian menyimpulkan individu yang berjalan 10 meter ke puncak tangga berdampak pada usia anda lebih cepat 900 miliar detik atau seseorang akan kehilangan 90 per miliar dari satu detik.

“Jika anda menghabiskan hidup berada di bagian atas Empire State Building yang memiliki tinggi 1250 meter (102 lantai), anda akan kehilangan 1004/1 juta per detik,” papar salah seorang peneliti, James CHin Chou. Peneliti memanfaatkan logika kuantum jam atom yang mampu menjaga waktu satu detik dari 3,7 miliar tahun. Jam atom itulah yang membuktikan bahwa jam yang diletakan pada daerah ketinggian berjalan lebih cepat karena tunduk pada gravitasi yang berkurang. Fenomena itu kemudian disebut ‘waktu pelebaran gravitasi’.

“Perbedaannya memang terlalu kecil untuk dipahami manusia. Namun dapat memberikan aplikasi praktis dalam geofisika dan bidang lain,” kata Chou. Temuan ini rencananya akan digunakan pada piranti teknologi yang difungsikan untuk mengukur bumi dan medan grativikasi. Temuan juga diterapkan pada ruang roket dan pesawat sebagai kompensasi gerak maju ketinggian.

Sumber : republika

4 Tanggapan

  1. Nice!were can i find the like-button or twitter-retweet-button🙂 Matthias

  2. […] Tinggal di Ketinggian Sebabkan Umur Lebih Pendek […]

  3. Hello! I just wish to give an enormous thumbs up for the great information you will have here on this post.
    I can be coming again to your weblog for more soon.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: