Ada Beasiswa ke Jepang Lho

Berkuliah di luar negeri secara gratis adalah impian setiap pelajar. Jika Anda menginginkan hal tersebut, tak ada salahnya untuk mencoba mengikuti beasiswa yang diadakan pemerintah Jepang. Pemerintah Jepang memberikan beasiswa kepada 180 mahasiswa asal Indonesia yang memenuhi persyaratan.

“Ada 180 beasiswa bagi mahasiswa Indonesia, jumlah itu paling banyak se-Asia Tenggara,” ujar Ken Noguchi, Kepala Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia, di Jakarta, Sabtu ( 3/10 ).

Program beasiswa tersebut, kata dia, disebut Monbukagaskusho.Uuntuk researcher student atau researcher training setiap bulannya akan mendapat 152.000 yen, bagi mahasiswa S1 sebesar 125.000 yen setiap bulannya. Dan Mahasiswa Young Leaders Program sebesar 258.000 yen per bulan.

“Ada juga beasiswa dari rekomendasi Universitas Jepang. Jumlah nominalnya sama dengan pemerintahan Jepang,” kata dia.

Untuk mendapatkan beasiswa tersebut, mahasiswa Indonesia harus mendaftrakan dirinya ke Kedutaan Besar Jepang. “Melengkapi persyaratan dan mengikuti tes. Baru beasiswa dapat diberikan,” kata tuturnya.

Selain beasiswa ada juga terdapat bantuan finansial lainnya seperti pengurangan biaya kuliah mulai dari 30 sampai 100 persen maupun bantuan materiil lainnya seperti tiket bis dan lain-lain.

Selanjutnya Noguchi menjelaskan, terdapat juga beasiswa yang bisa dilamar setelah kedatangan di Jepang. 49 beasiswa dari pemerintaj daerah Jepang dan 131 beasiswa berasal dari lembaga swasta. Jumlah beasiswa yang akan diterima tergantung dari studi yang alan diambil dari wilayahnya.

“Untuk sarjana dana yang diperoleh sekitar 154.000 yen setiap bulannya dan bagi program master mendapat 155.000 yen setiap bulannya,” tukasnya.

Sumber : kompas

4 Tanggapan

  1. […] Ada Beasiswa ke Jepang Lho Berkuliah di luar negeri secara gratis adalah impian setiap pelajar. Jika Anda menginginkan hal tersebut, tak ada salahnya untuk mencoba mengikuti beasiswa yang diadakan pemerintah Jepang. Pemerintah Jepang memberikan beasiswa kepada 180 mahasiswa asal Indonesia yang memenuhi persyaratan. “Ada 180 beasiswa bagi mahasiswa Indonesia, jumlah itu paling banyak se-Asia Tenggara,” ujar Ken […] […]

  2. salam kenal..

    mav maw tanya, kalau beasiswa buat lulusan sma/smk ada gk??

    minta informasi’nya ya..

    makasih

  3. Salam

    Mohon bantuan informasi tentang beasiswa kuliah di Jepang jurusan seni ( fine art ).
    Makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: