Tinggi Badan Pengaruhi Kebahagiaan Seseorang

Suatu penelitian terbaru di Amerika Serikat menemukan, orang-orang bertubuh tinggi ternyata lebih merasa bahagia dalam kehidupannya dibandingkan dengan mereka yang bertubuh pendek.

Menurut hasil riset, mereka yang bertubuh tinggi juga memiliki pandangan positif mengenai kehidupannya dan menilai dirinya sendiri sebagai orang yang bahagia. Mereka juga kurang menampakan emosi negatif, seperti merasa sedih atau sakit mengalami sakit secara fisik.

Sementara orang-orang yang memiliki postur tubuh pendek cenderung merasa tidak puas dengan kehidupan yang dijalaninya. Secara umum,  laki-laki yang mengatakan bahwa hidupnya menyedihkan dan mungkin yang paling buruk,  lebih pendek dua sentimeter dibanding tinggi rata-rata. Begitu pula dengan kaum perempuan yang melihat dirinya berada di bawah pada jenjang kehidupan. Umumnya mereka lebih pendek 1.3 sentimeter dibandingkan tinggi perempuan rata-rata.

Survei yang dilakukan antara bulan Januari 2008 dan April 2009 ini melibatkan sekitar 450,000 orang dewasa. Para peneliti dari University Princeton, New Jersey, mengajukan pertanyaan mengenai bagaimana mereka memandang kehidupannya. Sebelumnya, para partisipan diminta untuk menempatkan dirinya sendiri pada suatu “ jenjang kehidupan”, lalu diminta mengungkapkan emosi yang mereka rasakan.

Tidak hanya itu, riset yang telah diterbitkan dalam jurnal Economics and Human Biology juga menemukan keterkaitan antara tinggi badan dengan pendidikan. Laki-laki yang tidak menyelesaikan sekolah tingkat menengahnya diketahui 1.27 sentimeter lebih pendek dibandingkan rata-rata dan 2.54 sentimeter lebih pendek dibandingkan ketinggian rata-rata laki-laki yang lulus universitas.  Sebaliknya, pada kaum perempuan, keterkaitan tersebut tidak terlihat secara nyata, karena hanya ada sedikit perbedaan.

Dari hasil ini, tim peneliti menyimpulkan bahwa hubungan antara pendidikan, pendapatan dan tinggi badan sangat jelas memperlihatkan keterkaitan antara kebahagiaan dan kepuasan hidup.

Sumber : rileks.com

Satu Tanggapan

  1. […] Tinggi Badan Pengaruhi Kebahagiaan Seseorang […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: