Inikah Susunan Kabinet SBY

Berdasarkan data yang dikirimkan sumber di kalangan internal Partai Demokrat kepada INILAH.COM, beberapa nama menteri di Kabinet Indonesia Bersatu kembali dipertahankan. Nama-nama yang diberikan ini telah hampir pasti merupakan daftar kandidat menteri terakhir yang akan dipilih SBY.

Berikut nama-nama kandidat menteri untuk Kabinet SBY-Boediono 2009-2014:

Menteri Koordinator
Menko Polhukam           : Joko Suyanto /Endriartono Sutarto
Menko Perekonomian       : Sri Mulyani Indrawati/Kuntoro Mangkusubroto
Menko Kesra              : Hatta Radjasa/Purnomo Yusgiantoro
Kepala BAPPENAS          : Purnomo Yusgiantoro/Joyo Winoto
Sekretaris Negara        : Muhammad Nuh/Hatta Radjasa
Menteri Departemen
Menteri Dalam Negeri     : Mardiyanto/Gamawan Fauzi
Menteri Luar Negeri      : Hassan Wirayuda/Marzuki Darusman
Wakil Menlu              : Marty Natalegawa/Dino Patidjalal
Menteri Pertahanan       : Syarif Hasan/Theo Sambuaga
Menteri Hukum dan HAM    : Andi Mattalata/Jimly Assidiqqie
Menteri Keuangan         : Sri Mulyani Indrawati/Anggito Abimanyu
Wakil Menkeu             : Muhammad Ikhsan/Chatib Basri
Menteri ESDM             : Kuntoro Mangkusubroto/Evita Legowo
Menteri Perindustrian    : MS. Hidayat /Rachmat Gobel
Menteri Perdagangan      : Marie Elka Pangestu/Faisal Basri
Menteri Pertanian        : Herry Suhardiyanto/Joyo Winoto
Menteri Kehutanan        : MS Kaban/Lukman Hakim Saefuddin
Menteri Perhubungan      : Jusman Syafei Jamal/Sutanto Soehondho
Menteri Kelautan & Perikanan : Mohammad Jafar Hafsah/Mustafa Abubakar
Menteri Tenaga Kerja     : Lukman Edi/Darwin Z. Saleh
Menteri Kesehatan        : Siti Fadillah Supari/Dr Fahmi Idris
Menteri Pekerjaan Umum   : Joko Kirmanto/Hermanto Dardak
Menteri Pendidikan Nasional : Komaruddin Hidayat/Yohanes Soerya
Menteri Sosial           : Hidayat Nur Wahid/Surya Dharma Ali
Menteri Agama            : Muhaimin Iskandar/Rozy Munir
Menteri Negara
Menteri Budpar           : Jero Wacik/Christine Hakim
Menristek                : Tifatul Sembiring/Andi Arief
Menteri Koperasi & UKM   : Muhaimin Iskandar/Pramono Anung
Menteri Lingkungan Hidup : Barnabas Suebu/Jhony W. Soedharsono
Menteri PP Perempuan     : Puan Maharani/Meutia Hatta
Menneg PAN               : DR. Siti Nurbaya/Agus Wijoyo
Menteri PDT              : Zulkifli Hasan/Marzuki Ali
Menteri Muda Daerah Khusus : Arif Afandi/Felix Wanggai
Menteri BUMN             : Raden Pardede/Mustafa Abubakar
Menteri Kominfo          : Andi Malarangeng/Cahyana Ahmad Djayadi
Menpora                  : Anas Urbaningrum/Andi Malarangeng
Menpera                  : Zulkieflimansyah/Roestanto Wahidi Dirdjojuwono
Pejabat Tinggi Setingkat Menteri
Jaksa Agung              : Hendarman Supanji/Marwan Effendy
Kepala BIN               : Syamsir Siregar/Luhut B Panjaitan
Wakil Kepala BIN         : Nugroho Djayusman/Marsilam Simanjuntak
Kepala BPN               : Joyo Winoto/ Herry Suhardiyanto
Sekretaris Kabinet       : Sudi Silalahi/Setia Purwaka
Wakil Sekretaris Kabinet : Kurdi Mustopha/Setia Purwaka
Jubir Presiden Dalam Negeri : Syaiful Mudjani/Anies Baswedan
Jubir Presiden Internasional: Bara Hasibuan/ Teuku Faizasyah

Menurut sumber itu, dari nama-nama yang masuk dalam daftar kandidat menteri SBY, setidaknya 22 orang berasal dari partai politik. Sementara sekitar 51 orang bisa dikatakan berlatar belakang professional. Apakah ini bisa diindikasikan bahwa kabinet mendatang adalah kabinet profesional? Tunggu semuanya sampai presiden yang terpilih memutuskan.

Sumber : inilah.com

21 Tanggapan

  1. nama gue kok kagak ada ya?

  2. Sumber itu biasanya diberi tanggul sehingga tidak bocor…
    mungkin tanggulnya kurang baik ya pak, atau sumbernya yang meluap.

  3. boz……
    jusuf kalla ga dapat posisi??

  4. Hmmm, kayaknya seru tuh persaingan😀

  5. Tidak terasa, waktu pelantikan presiden akan segera terlaksana. Wah, bisa dipastikan saat ini merupakan saat yang sangat krusial bagi SBY dan orang-orang yang ada di sekelilingnya. Apalagi kalau bukan dalam rangka penyusunan cabinet untuk 5 tahun mendatang.

    Mudah-mudahan SBY dapat berlaku professional dengan hanya mengangkat menteri dari kalangan yang benar-benar kredibel dan bertanggung jawab. Jangan hanya karena kontrak politik semata. Ingat! Masa depan bangsa ini dipertaruhkan. Walaupun hal ini, menurut hemat saya akan sangat sulit untuk diwujudkan. Kita do’akan saja mudah-mudahan SBY dan siapapun para calon menterinya dapat menjadi figure yang amanah dan lebih mendahulukan kepentingan rakyatnya.
    Dijual Rumah

    • mudah2an sby dengan kabinet barunya dapet mnjalankan tugasnya ssebagai presiden ri.dapat mnjalankan dengan baik dan dapat menjadi tauldan dari masyarakat indonesia,…aminnn…

  6. emang gue pikirin….

  7. Wah Pak SBY,kalo menteri dari partai politik udah pasti ngga akan mikirin nasib bangsa ini,lebih baik dan terpercaya pilih menteri dari kalangan profesional yang benar mengerti bidangnya masing2.

    • wah saya setuju dengan binsar, sebaiknya sby pilih calon mentri dari kalangan professional aja, tinggalkan yang berbau bau politik karena mereka hanya memikirkan partainya saja, ingat pak…ada musuh dalam selimut , bapak harus waspada dengan mereka. karena sewaktu berkampanya pilpres bagaimana mereka menjelek jelekkan pemerintahan bapak, pilih dari kalangan professional aja pak?saran saya hapus nama puan maharani dan pramono anung….

  8. Ngaruh gak ya?

  9. Semoga kabinet mendatang lebih mendahulukan kepentingan rakyat dan bukan sekedar perkataan tetapi dalam bentuk tindakan nyata, demi kemajuan, harkat, dan martabat bangsa.
    Jabatan adalah amanah, semoga diterima dan dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab disertai ketulusan dan keikhlasan, agar bernilai ibadah di sisi Allah SWT, amin.

  10. Mantap!!!

  11. menteri pssi siapa ya

  12. Hem, …………

    kita liat aja nanti kinerjanya, kalo ada yang tak benar ya………..
    tebas saja

  13. Tunggu saja 5 tahun mendatang kala takterpilih menjabat kembali menjadi menteri, usai sertijab kepada penggantinya mereka menangis atau tidak, hehehe..

  14. semoga pak sby diberikan kekeuatan,kesahatan untuk memimpin anak buahnya lima mendatang

  15. kami memohon semoga menteri yang baru dilantik dapat mengedepankan kepentingan rakyat,karena sudah banyak janji – janji yang diberikan kepada rakyat,tapi hasilnya tidak memuaskan…

  16. semoga pak sby diberikan kekeuatan,kesahatan untuk memimpin anak buahnya lima tahun kedepan

  17. semoga bisa mengedepankan kepentingan rakyat dan menjalankan kewajiban dengan sungguh-sungguh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: