Enam Anak Ditahan Gara-gara Mencuri Jagung

Enam anak ditahan di penjara sejak 25 Juni 2009 hanya gara-gara mencuri enam biji jagung. Saat ini keenam anak tersebut masih menjalani proses persidangan di Pengadilan Negeri, Magetan.

Keenam anak yang semuanya laki-laki itu adalah RA (15), AAS (14), FAR (17), DTS (17), AHK (17), dan IPMY (17). Mereka semua merupakan warga Maospati, Magetan. Dari keenam anak ini, RA dan AAS merupakan pelajar sekolah menengah pertama sedangkan FAR, DTS, dan IPMY merupakan pelajar sekolah menengah atas. Adapun AHK tidak sekolah.

Dari informasi yang diperoleh Kompas, Selasa (18/8), keenam anak ini awalnya ditahan di Polsek Maospati mulai tanggal 25 Juni 2009 karena telah mencuri enam biji jagung di areal tanaman jagung milik Slamet Riyadi di Bulusari, Maospati. Mereka mencuri jagung setelah pulang dari memancing. Kemudian pada 2 Juli 2009, keenam anak itu dipindahkan ke Rumah Tahanan kelas II B Magetan.

Mereka didakwa pasal 363 ayat 1 butir 4 KUHP yang menyebutkan pencurian yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dan diancam pidana penjara paling lama tujuh tahun.

Sekretaris Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Jawa Timur Priyono Adi Nugroho menilai penahanan terhadap keenam anak ini sangat memprihatinkan. Kasus kecil seperti itu seharusnya bisa diselesaikan oleh masyarakat ataupun oleh polisi saat kasus itu dilaporkan ke polisi. Kejaksaan pun punya kewenangan untuk menyelesaikan kasus terseb ut tanpa harus membawanya ke pengadilan.

“Juga tidak perlu sampai ditahan, apalagi dalam waktu yang lama, sehingga membuat pendidikan mereka di sekolah terhenti. Itu merusak masa depan mereka,” ujarnya.

Sumber : kompas

4 Tanggapan

  1. […] Enam Anak Ditahan Gara-gara Mencuri Jagung Enam anak ditahan di penjara sejak 25 Juni 2009 hanya gara-gara mencuri enam biji jagung. Saat ini keenam anak tersebut masih menjalani proses persidangan di Pengadilan Negeri, Magetan. Keenam anak yang semuanya laki-laki itu adalah RA (15), AAS (14), FAR (17), DTS (17), AHK (17), dan IPMY (17). Mereka semua merupakan warga Maospati, Magetan. Dari keenam […] […]

  2. kalo enam anak ini tidak ditangkap dan dibiarkan bebas maka pendidikan untuk mengajarkan moral pada anak ini akan musnah….. bagaimana menurut anda..?

  3. saya merasa tertekan akibat perbuatan sarbini dan slamet riyadi,SERTA penganiaya’an polisi,terutama yg bernma feri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: