Ciptakan Laut di Hamparan Pasir

laut buatanPemerintah Turkmenistan sedang menggarap proyek besar. Negara itu menciptakan laut di hamparan pasir Gurun Karakum yang mendominasi 80 persen dataran negara pecahan Uni Soviet tersebut. Proyek ambisius untuk melahirkan Danau Zaman Emas itu diperkirakan menelan biaya USD 20 miliar (sekitar Rp 203,6 triliun).

“Ini wujud nyata kepedulian kami terhadap alam dan lingkungan hidup,” ujar Presiden Kurbanguly Berdymukhamedov seperti dilansir BBC kemarin (18/7).

Untuk “mengisi” air di laut buatan yang berjarak ribuan kilometer dari Laut Kaspia itu, pemerintah memanfaatkan dua kanal yang dibangun sebelumnya. Berdymukhamedov didapuk sebagai orang pertama yang mengalirkan air laut ke salurannya.

Pemimpin 52 tahun itu yakin proyek laut buatan tersebut akan mendatangkan banyak keuntungan bagi Turkmenistan. Di antaranya, memenuhi kebutuhan alam akan air dan membuat Gurun Karakum lebih hijau.

“Air dari saluran tersebut akan menarik banyak satwa liar dan membuka lahan baru bagi pertanian,” paparnya. Tapi, sejumlah kritikus mengatakan, air laut buatan itu akan cepat menguap karena terlalu banyak mengandung pupuk dan insektisida.

Kendati demikian, pemerintah Turkmenistan yakin proyek laut buatan tersebut akan selalu dikenang sepanjang sejarah. “Ini akan menjadi bagian bersejarah dari Abad Kebangkitan Baru dan ditorehkan di lembaran yang paling cemerlang,” tulis pemerintah dalam situs resminya.

Sumber : jawapost

7 Tanggapan

  1. Proyek yang luar biasa. pasti keren tu jadinya.

  2. bikin laut di padang pasir ya…??

    http://lowongankerjadiglobaltv.wordpress.com

  3. ha? laut di padang pasir? mau bikin laut yang terjebak kaya’ laut mati kali ya?

  4. mantap….!!

  5. kapan yah Indonesia bisa seperti itu, berinovasi dengan yg ada, padahal kita punya banyak banget resource lho.

    well, berharap pada para ahli Indonesia …🙂 eh ini ada post lain tentang pasir yang mungkin menarik dan dari negeri kita sendiri lho http://www.ariefdarmawan.net/2009/07/see-life-of-legung-sandman-village-how-can-they-sleep-and-giving-birth-on-sand/

  6. Lakukan dahulu kalo untuk kebaikan, kalo gagal yang penting sudah berbuat.

  7. nice, (http//sangpengimpi.wordpress.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: