Sakit Gigi Bisa Sebabkan Penyakit Komplikasi

Sakit gigi atau gigi berlubang yang tak segera ditangani dapat mengakibatkan komplikasi akut pada gigi tersebut, serta berdampak pada berbagai penyakit serius di tubuh.

“Gigi berlubang yang tidak ditambal, lubangnya semakin dalam, dan proses infeksinya bisa mencapai rongga syaraf serta menyebabkan abses di ujung akar gigi,” kata Wakil Dekan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti, drg Tri Erri Astoeti di Jakarta Selatan, Jumat (3/7).

Pada diskusi bertema ‘Meningkatnya Konsumsi Gula di Indonesia VS Komplikasi Akut pada Gigi’ itu, ia mengatakan timbulnya gigi berlubang disebabkan oleh sejumlah faktor, antara lain kurangnya yang bersangkutan menjaga kesehatan mulut, dan kelebihan mengonsumsi makanan yang mengandung gula.

“Sebenarnya penyakit gigi atau gigi berlubang bisa dicegah sebelum parah, yakni secara rutin menggosok gigi dan memeriksakan diri ke dokter, minimal sekali dalam enam bulan,” katanya.

Ia mengatakan, menyikat gigi minimal dua kali sehari dengan pasta gigi mengandung fluoride, terbukti dapat mengurangi risiko terjadinya gigi berlubang hingga 30%.

“Makan makanan yang bergizi dan banyak mengandung serat seperti sayuran dan buah-buahan dapat merangsang produksi air ludah untuk menjaga kestabilan bakteri di rongga mulut,” katanya.

Ia juga mengingatkan agar masyarakat mengurangi frekuensi mengemil makanan yang manis.

Terkait dengan tingginya warga menderita penyakit gigi, menurut dia, hal itu karena prilaku masyarakat dalam menjaga kesehatan dan periksa gigi ke dokter belum mendapat respon yang serius.

“Oleh karena itu sekitar 80% dari jumlah penduduk Indonesia pernah mengalami sakit gigi,” kata Tri Erri.

Sumber : kapanlagi

Satu Tanggapan

  1. Saya sering sekali sakit gigi sampe2 bengkak di pipi kanan saya selama 2 minggu..
    Menurut anda apa yang harus saya lakukan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: