Presiden Honduras Ditangkap Tentaranya Sendiri

presiden hondurasPuluhan tentara menangkap Presiden Honduras Manuel Zelaya dan melucuti senjata para pengawalnya.

Sebelumnya, puluhan tentara itu mengepung rumah Zelaya, Minggu (28/6) sebelum fajar dalam tindakan yang oleh para pendukung Zelaya disebut sebagai kudeta.

Sekretaris pribadi Zelaya, Carlos Enrique Reina, mengatakan Zelaya dibawa ke sebuah pangkalan udara di pinggiran ibu kota Tegucigalpa. “Kami berbicara tentang sebuah kudeta. Ini sangat disesalkan,” kata pimpinan aliansi partai pendukung Zelaya, Rafael Alegria kepada radio Cadena de Noticias.

Alegria mengatakan terdengar suara tembakan selama penangkapan namun ia mengaku tidak tahu persis kronologi kejadian. Radio HRN melaporkan Zelaya dikirim ke tempat pengasingan. “Tidak diketahui pasti ke mana dia dibawa pergi tetapi kemungkinan dia terbang menggunakan pesawat kepresidenan menuju Venezuela,” kata seorang penyiar radio mengutip sejumlah sumber.

Belum ada konfirmasi dari militer atau kantor presiden bahwa penangkaapan itu adalah bagian dari upaya kudeta militer. Presiden Venezuela Hugo Chavez dan mantan pemimpin Kuba Fidel Castro sama-sama mendukung Zelaya yang bersikeras akan melakukan referendum konstitusi. Mahkamah Agung negara itu menilai referendum tersebut ilegal. Semua anggota militer di Kongres dan para anggota partai Zelaya juga menentang referendum.

Beberapa saat setelah penangkapan Zelaya, puluhan truk berwarna putih berisi tentara berjajar di depan istana kepresidenan di Tegucigalpa. Penangkapan itu terjadi sekitar satu jam sebelum referendum dimulai untuk menanyakan kepada pemilih apakah setuju mengadakan pemilihan presiden November atau mengadakan sidang parlemen untuk merevisi konstitusi.

Sumber : kompas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: