18 Orang Tewas Tersambar Petir

IlustrasiSetidaknya 18 orang tewas setelah halilintar menyambar mereka di India. Di antara korban tewas, terdapat enam anak-anak yang sedang bermain mandi hujan.

Menteri Manajemen Bencana Negara Bagian Bihar Devesh Chand Thakur seperti dikutip AFP, Senin (29/6/2009), menyatakan sekira 30 orang disambar halilintar di sebelah timur negara bagian Bihar. Sebanyak 12 orang terluka dan menjalani perawatan di rumah sakit.

“Anak-anak sedang bermain mandi hujan saat halilintar menyambar mereka,” papar Thakur.

Hujan deras juga disertai angin kencang yang menumbangkan pepohonan dan merusak rumah. Otoritas terpaksa memutus aliran listrik, sepanjang Minggu malam.

Selain di India, halilintar juga merenggut lima nyawa di Kamboja, Jumat pekan lalu. Empat korban tewas merupakan petani yang saat kejadian sedang menggarap ladang mereka.

Kamboja termasuk negara langganan halilintar. Korban tewas akibat halilintar sudah mencapai 50 orang selama empat bulan pertama 2009. Selama tahun lalu, 95 orang dilaporkan tewas.

Para ahli menyatakan suhu tropis Asia Tenggara, yang banyak terdapat sungai dan danau, dapat membentuk awan yang mampu meningkatkan badai halilintar. Formasi awan dapat terbentuk hanya berjarak 50 meter dari tanah. Halilintar dapat menghantam apa saja yang berada di bawah awan.

Sumber : okezone

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: