Yahudi Ortodok Bikin Koogle, Demi Konten Halal

KOOGLETak mau tercemar konten-konten internet yang merusak akhlak, kaum Yahudi ortodok di Israel pun membikin mesin pencari sendiri. Diberi nama Koogle, layanan ini dijamin memenuhi kaidah-kaidah ajaran rabi mereka.

Namanya memang terlihat mencatut popularitas Google, meski dalam bahasa setempat itu adalah nama makanan dari mi khas Yahudi. Pembuatan Koogle memang atas desakan rabi-rabi Yahudi ortodok agar penganutnya dapat mengakses internet dengan leluasa dan tidak takut ke warnet.

Koogle akan menyaring konten-konten yang dilarang keras dalam ajaran Yahudi ortodok, seperti foto perempuan telanjang atau benda-benda yang ditabukan seperti televisi. Konten hasil pencariannya dijamin aman bagi anak-anak maupun orang dewasa.

“Banyak sekali sesuatu di internet yang tidak sehat dan mesin pencari ini membuat seseorang dapat berselancar tanpa pop up atau sesuatu yang mengganggu,” ujar Amos Azizoff, yang membantu pengembangan Koogle, seperti dikutip Guardian.

Ia mengakui layanan ini tidak dibuat untuk orang kebanyakan. Koogle didesain untuk membantu para penganut Yahudi ortodok yang tidak memiliki komputer, tetapi banyak yang mengakses di kafe-kafe internet tujuan bisnis atau sekadar berinteraksi di dunia maya.

Sumber : kompas

Satu Tanggapan

  1. Apapun itu, kalo berasal dari YAHUDI, tetaplah YAHUDI, tidak ada manfaat yang lebih yang bisa kita ambil dari nya!!!

    Kedai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: