Siswa SMK Maritim Tak Ada yang Lulus Ujian Nasional

Pengumuman hasil ujian nasional (UN) menjadi kabar buruk bagi semua siswa dan guru SMK Maritim, Tanjungpinang. Bagaimana tidak, kesemua siswanya yang ikut ujian nasional (14 orang) dinyatakan gagal alias tidak lulus.

Saat hasil ujian diumumkan, semua siswa dikumpulkan dalam satu ruangan khusus. Wakil Kepala Sekolah Joko Darmono langsung menenangkan semua siswa yang ada di kelas tersebut. “Kegagalan ini jangan mematahkan semangat kalian,” kata Joko di depan kelas.

Joko menambahkan bahwa para siswa yang telah dinyatakan tidak lulus ini akan didaftarkan mengikuti ujian paket C pada 23 Juni mendatang. “Namun, ujian paket C ini diperuntukkan bagi siswa SMU, sedangkan kalian siswa kejuruan. Jadi, pertimbangkan kembali hal ini,” kata Joko lagi.

Untuk itu, Joko menyarankan kepada semua siswa yang ada untuk mengulang kembali semua pelajaran di bangku kelas III. “Ada baiknya, kalian semua mengulang kembali. Itu lebih baik untuk memantapkan Anda semua nanti,” kata Joko.

Bagi para siswa yang akan mengulang nanti, pihaknya akan merapatkan dengan pihak yayasan terlebih dahulu untuk menyusun materi yang ada. “Bagi siswa yang mengulang, kami akan fokuskan pada pelajaran yang akan diuji dalam UN, di samping praktik-praktik,” ujarnya.

Kegagalan yang terjadi saat ini lebih disebabkan kurangnya tenaga pengajar di sekolah tersebut. Beberapa kali pihak sekolah telah menyampaikan hal tersebut kepada yayasan untuk diteruskan kepada pihak diknas, tetapi hingga saat ini belum banyak perkembangan.

Untuk mengajar mata pelajaran UN, pihak sekolah telah mengusahakan beberapa guru bantu untuk mengajar di sekolah tersebut. Namun, hasilnya tidak terlalu maksimal mengingat keterbatasan yang ada. Ke depannya, ia akan kembali meminta kepada yayasan untuk memintakan tambahan guru kepada dinas pendidikan, terutama guru yang mengajar materi pelajaran UN. “Keberadaan guru mutlak diperlukan. Untuk itu, kami akan kembali mengajukan permintaan kepada yayasan untuk diteruskan kepada diknas,” ungkapnya.

Saat ini, SMK Maritim yang beralamat di jalan Sultan Mahmud No 57 Tanjungunggat ini masih menumpang di SMP Negeri 10. Pihak yayasan sedang membangun gedung baru dan melengkapi infrastruktur sekolah lebih baik lagi.

Sumber : kompas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: