Karena Disiksa, Otak Serangan 9/11 Mengarang Cerita

Khalid Shaikh MohammadKhalid Shaikh Mohammed, sosok yang disebut-sebut sebagai otak serangan 11 September (9/11), mengaku mengarang cerita selama pemeriksaan oleh anggota CIA.

Itu dilakukan karena ia disiksa. Demikian menurut sejumlah dokumen yang dilansir Los Angeles Times, Senin (15/6).

Fakta baru ini diperkirakan semakin memicu perdebatan tentang model interogasi salah yang dipraktikkan pemerintahan George W Bush untuk mengorek informasi dari tersangka teroris.

Pengakuan Khalid itu disampaikan setelah dirinya dipindahkan ke Tahanan Guantanamo pada 2006. Sebelumnya, ia ditahan di penjara rahasia CIA setelah ditangkap pada 2003. “Saya mengarang cerita,” kata Khalid yang digambarkan berbicara dalam bahasa Inggris patah-patah ketika ditanya soal keberadaan pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden.

“Di mana dia? Saya tidak tahu. Kemudian dia menyiksaku. Kemudian saya mengatakan, ‘Ya, dia di wilayah ini… ‘,” kata Khalid.

Seorang pengacara dari Persatuan Kebebasan Sipil Amerika yang memperoleh dokumen itu mengatakan, pernyataan Khalid tersebut menunjukkan metode interogasi CIA tidak efektif. “Ini menggarisbawahi pernyataan tidak dipercaya yang diperoleh dengan penyiksaan,” kata Jameel Jaffer, Direktur ACLU’s National Security Project.

Sumber : kompas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: