Satu Bulan, Puluhan PNS Ajukan Izin Cerai

Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Indramayu menyatakan, puluhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam kurun waktu satu bulan terakhir mengajukan izin perceraian.

Fenomena yang cukup mengagetkan di kalangan PNS di Kabupaten Indramayu ini berasal dari berbagai bidang, di antaranya dari kalangan guru, tenaga kesehatan hingga pejabat eselon III di Kabupaten Indramayu. Alasan izin perceraian cukup beragam. Akan tetapi kebanyakan, karena pihak istri tidak mau dimadu.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Indramayu, Eddy Mulyadi mengungkapkan, kebanyakan PNS yang mengajukan izin cerai berasal dari kalangan guru. Munculnya ajuan cerai, kata Eddy, pihaknya akan memanggil pemohon guna meminta keterangan lebih lanjut.
“Alasan yang diajukan ke BKD masalahnya sudah sangat fatal, sehingga sulit untuk digagalkan. Meskipun demikian, ada juga PNS yang akan cerai namun setelah dipanggil BKD, akhirnya memilih membatalkan perceraian,” ungkap Eddy Mulyadi, Minggu (14/6/2009).

Lebih lanjut dia menjelaskan, berdasarkan PP 10/1983 tentang Izin Perkawinan dan Perceraian mengatur soal PNS bisa beristri lebih dari satu. Namun syaratnya sangat ketat, yakni jika istri tua menderita sakit permanen, istri tua tidak bisa melayani kebutuhan biologis suami, dan alasan terakhir karena ingin memiliki keturunan.

“Izin berpoligami itu sifatnya wajib. Kalau tidak ada izin berarti pelanggaran, dan bisa terkena sanksi. Pengajuan poligami ditujukan kepada Bupati Indramayu selaku pembina kepegawaian,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Kabupaten Indramayu, Muhamad Rahmat mengungkapkan, selama ini pihaknya juga menangani laporan dan pengaduan dari masyarakat soal poligami yang dilakukan PNS, termasuk pejabat esselon tertentu.

Muhamad menegaskan, jika terbukti beristri lebih dari satu, maka inspektur memanggil PNS atau pejabat tersebut untuk diperiksa.

“Kami akan menanganinya jika ada laporan. Kemudian memeriksanya setelah meminta beberapa keterangan dari pihak terkait untuk menentukan kebenarannya,” tegasnya

Sumber : kompas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: